Jelang Pilpres 2024, BEM Nusantara: Sosok Nasionalis, Figur Pemimpin yang Dibutuhkan Indonesia

Koordinator Pusat BEM Nusantara, Achmad Supardi/Net
Koordinator Pusat BEM Nusantara, Achmad Supardi/Net

Sebagai garda intelektual, mahasiswa harus berperan aktif dalam menyambut hajatan demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Terutama, mahasiswa harus bisa merumuskan kriteria pemimpin yang dibutuhkan Indonesia di masa depan.


Begitu dikatakan Koordinator Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Daerah Istimewa Yogyakarta, Muhammad Nur Fadillah, dalam Diskusi Panel dan Temu Daerah BEM Nusantara dengan tema "Prospek Kontribusi Mahasiswa Dalam Menentukan Pemimpin Ideal Guna Suksesi Pesta Demokrasi 2024" di Politeknik Akademi Pariwisata Yogyakarta.

Muhammad Nur Fadillah mengatakan, mahasiswa bisa cermat pada Pilpres 2024, dengan memilih pemimpin yang memiliki jiwa nasionalisme serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinnekaan.

"Tentunya kriteria yang cocok untuk pemimpin 2024 adalah sosok nasionalis, karena banyaknya berbagai macam suku, agama, ras, dan budaya," ujar Nur Fadillah dalam keterangan tertulis, Jumat (1/9).

Ditambahkan Koordinator Pusat BEM Nusantara, Achmad Supardi, mahasiswa juga harus bisa menyuarakan agar calon pemimpin yang akan dipilih bersedia turun dan melayani masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, momen pesta demokrasi harus dimanfaatkan mahasiswa untuk menjadikan Indonesia menjadi negara maju di masa depan.

"BEM Nusantara sebagai aliansi nasional akan terus melakukan political branding agar mahasiswa juga terlibat aktif dan menjadi penentu dalam pergantian presiden 2024," pungkasnya.